5 Wisata Keluarga di Jogja

Selama ini bayangan orang-orang tentang Jogjakarta adalah pengalaman liburan di beberapa spot ikonik seperti Tugu, Keraton, Malioboro, dan sebagainya. Namun apakah ada tempat-tempat lain yang menawarkan liburan mengasyikkan bersama keluarga? Pastinya ada karena kota ini dari tahun ke tahun semakin sering dikunjungi banyak pelancong diiringi dengan berbagai pembangunan kawasan perhotelan. Nah, kami dari tim Rental Motor Jogja merangkum 5 Wisata Keluarga di Jogja yang sangat wajib dipertimbangkan jika berencana berlibur ke sini. Apa sajakah mereka? Langsung saja kita simak.

Istana Air Taman Sari

wisata Taman-Sari

Kalau sudah mengunjungi kompleks Keraton Kesultanan, maka tempat ini jangan sampai terlewatkan. Di jaman dahulu, Taman Sari merupakan istana air yang menjadi tempat meditasi sekaligus menenangkan diri bagi para anggota keluarga Kesultanan. Namun fungsinya ternyata lebih dari tempat wisata keluarga Kesultanan, sebab istana ini sebenarnya merupakan benteng air untuk melindungi kawasan Keraton dari ancaman serangan musuh. Wajar sekali jika kompleks istana ini sangat luas dan banyak dipenuhi oleh kolam-kolam air. Sebagian besar bangunan aslinya memang nyaris tidak terlihat lagi, namun pemerintah setempat sudah mulai merenovasi dan memugarnya dengan tujuan mengembalikan ke bentuk asli. Selama berjalan-jalan di kompleks ini, Anda akan menikmati suasana yang sangat nyaman dan rileks.

Bukit Bintang

wisata bukit bintang

Mari kita sejenak menjauh dari keramaian dan kebisingan kota. Saatnya menanjak menyusuri jalur Jogja ke Wonosari. Lokasi wisata ini sudah terkenal sedari dulu sebagai tempat nongkrong, terutama di malam hari. Lebih mengasyikkan lagi kalau kita menempuh perjalanan dengan naik sepeda motor karena jalurnya yang cukup berkelok dan sangat mengasyikkan. Sebenarnya kawasan bukit bintang terdiri dari deretan warung makan di tepi jurang dengan harga yang sangat murah. Tapi dari balik-balik warung itulah kita bisa menikmati keindahan kota di bawah dengan gemerlap lampu-lampu malam.

Gumuk Pasir Parangkusumo

wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada istilah kerennya di sini, yaitu sandboarding. Ya. Anda harus mencoba aktivitas ini, yaitu berselancar di area pasir dan meluncur menuruni bukit. Menariknya lagi, lokasi wisata seperti ini hanya ada dua di dunia, satunya di Meksiko, satunya lagi ya di sini. Jadi, mana yang Anda pilih? Daripada jauh-jauh ke luar negeri, lebih gampang dan murah biayanya kalau berkunjung ke tempat wisata ini kan?

Surga di Goa Jomblang

wisata goa jomblang

Bukan sekadar goa biasa, karena tempat wisata ini punya keunikan dari kontur geografisnya yang sangat unik. Lokasinya terletak di perbukitan Gunung Kidul dan masih menyusuri ke kedalaman bawah goa. Tapi untuk memasuki goa ini harus menggunakan alat khusus dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Selain itu, Anda juga wajib didampingi oleh pemandu yang akan menuntun ke arah dasar goa dan memastikan prosedur keamanan. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini pun harus pada jam-jam tertentu yaitu sekitar pukul 10 sampai 12 siang. Nah, pada saat itulah kita akan menikmati keindahan alam dasar goa dengan beberapa titik terang yang masuk dari celah-celah seolah mirip cahaya yang jatuh dari surga.

Lava Tour merapi

wisata lava tour merapi

Jangan sia-siakan perjalanan ke Jogja karena tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sinilah Anda akan naik jeep dan menyusuri kawasan wisata merapi dengan setiap pemandangan menakjubkan di sana. Anda juga berkesempatan untuk melakukan napak tilas sisa-sisa letusan Merapi beberapa tahun silam termasuk beberapa area unik seperti Museum Sisa Hartaku dan sebagainya. Perjalanan ke lokasi ini dijamin akan sangat memuaskan dan tak terlupakan.

 

5 Wisata Keluarga di Jogja

Share Please..

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *