Gudeg Enak yang wajib anda santap saat berlibur Di Jogja

Jika  berbicara tentang Jogja maka salah satu hal yang terlintas di pikiran adalah gudeg. Ya, gudeg sudah sangat mendunia sebagai makanan khas dari Jogjakarta. Gudeg ini terbuat dari nangka muda yang kemudian dibersihkan lalu dimasak bersama santan serta bumbu dan rempah-rempah selama beberapa jam agar empuk. Paling lama memasak gudeg sekitar 18 jam. Gudeg sendiri adalah masakan sayuran yang bercita rasa manis. Akan tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Jogja namun tidak mencicipi gudeg ini. Meski ada banyak warung makan yang menjual menu khas ini namun sebagai referensi berikut kami berikan 5 gudeg enak di Jogja :

  1. Gudeg Yu Djumyu

Gudeg enak Yu Djum

Kalau bertanya dimana gudeg yang enak maka hampir sebagian masyarakat Jogja atau wisatawan yang pernah ke Jogja akan merekomendasikan gudeg Yu Djum untuk dinikmati. Gudeg Yu Djum memang sudah terkenal kelezatannya sebagai gudeg kering dengan tambahan sambal krecek yang pedas dan telur pindang. Awal berdirinya Gudeg Yu Djum adalah sekitar tahun 1950 dan masih menyewa di Wijilan, namun saat ini Gudeg Yu Djum juga dibuka di rumah kayunya yang sederhana di Jl. Kaliurang KM4.5, Karang Asem, Jogjakarta. Biasanya menu gudeg akan disajikan dengan piring rotan yang beralas daun pisang agar cita rasanya lebih khas. Harga untuk seporsi gudeg enak dengan sambal krecek dan telur pindangnya sendiri sekitar Rp 10.000 – Rp 30.000, harga tergantung tambahan lauknya juga.

 

  1. Gudeg Yu Narni

Gudeg enak Yu narni

Gudeg Yu Narni memiliki 2 lokasi di Jogjakarta yaitu di Jl. Kaliurang KM 4,5 Karang asem dan di Jl. P. Mangkubumi, Kebondalem. Awalnya Gudeg Yu Narni merupakan usaha gudeg gendong seorang wanita bernama Mbah Wito pada tahun 1945, namun di tahun 1977 usaha gudeg ini diteruskan oleh Ibu Narni Suwardi dan sampai sekarang lebih dikenal dengan nama Gudeg Yu Narni. Gudeg Yu Narni sangat dikenal oleh masyarakat Jogja sebagai salah satu rumah makan gudeg enak yang terkenal kelezatan dan rasa manisnya yang khas. Gudeg kering yang disajikan dalam piring beralaskan daun pisang dangan harga yang cukup terjangkau yaitu dari kisaran harga  Rp 10.000 per porsinya

  1. Gudeg Bu Haji Ahmad

Gudeg enak Bu HJ. Ahmad

Salah satu gudeg kering yang juga sudah mempunyai nama di Jogja. Lebih dikenal dengan Gudeg Mbarek Bu Ahmad yang didirikan sejak tahun 1950. Awalnya kedai makan ini didirikan untuk para pekerja proyek disekitar daerah itu dengan menjual menu soto, rames dan  gudeg. Namun karena peminat gudeg banyak maka akhirnya kedai tersebut mengkhususkan diri untuk menjual gudeg. Gudeg Bu Ahmad ini terletak di Jl. Kaliurang 4.5, Karangasem, sebelah utara pusat UGM. Ketika kami berkunjung untuk makan ke kedai tersebut kesan yang terasa adalah kedai yang rapi dan bersih serta di permanis dengan iringan musik dari depan warung yang menemani waktu santap kami. Selain lezat, Gudeg Bu Ahmad juga terkenal dengan rasa gudeg yang tidak terlalu manis, lebih terasa gurih dan cocok bagi pembeli yang memang kurang menyukai rasa manis.

  1. Gudeg Bu Slamet

Gudeg enak Bu slamet

Gudeg Bu Slamet sudah dirintis sejak tahun 1946 dan terletak di Jl. Wijilan No 17. Usaha gudeg yang sudah dijalankan hampir 7 dekade ini masih tetap memiliki kelezatan yang tidak usang dimakan waktu. Gudeg Bu Slamet ini selain di baluri dengan sambal krecek juga ditambah oseng tempe yang makin menambah rasa khasnya. Sama seperti Gudeg Mbarek Bu Ahmad, Gudeng Bu Slamet  juga bercita rasa yang tidak terlalu manis.

 

 

  1. Gudeg Pawon

Gudeg enak Pawon

Dinamakan Gudeg Pawon yang artinya adalah dapur karena untuk menyantap gudeg ini para pembeli harus mengantri dan mengambil gudeg yang ada didapur. Gudeg Pawon adalah usaha milik Mbah Prapto Widodo yang berjualan dipasar sejak tahun 1958. Namun seringnya pembeli malah lebih suka untuk datang kerumah beliau membeli gudeg itu hingga akhirnya pada tahun 2000 Mbah Prapto mulai menjual gudeg di rumahnya sendiri. Gudeg pawon yang berlokasi di Jl. Janturan, Umbulharjo ini tidak seperti kebanyakan warung gudeg lainnya yang buka di pagi hari, namun Gudeg Pawon mulai melayani pembelinya pukul 22.30 malam.

Gudeg Enak Di Jogja

Share Please..

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *