Bakmi jawa Fenomenal di Jogja

Bakmi adalah salah satu kuliner khas dari Jogjakarta selain gudeg tentunya. Baik di pinggiran jalan atau di restoran-restoran terkenal di Jogjakarta pasti akan banyak menampilkan menu ini. Bakmi Jogjakarta dikenal lezat dengan perpaduan rasa yang gurih dan manis. Jika Anda berniat untuk berlibur ke Jogja maka berikut ini kami rangkumkan  5 bakmi Jawa fenomenal di Jogja yang patut Anda cicipi :

  1. Bakmi Jawa Pak Pele    

pak pelle

Mantan pemain sepak bola Indonesia yang kini membuka usaha bakmi yang begitu terkenal.  Salah satu yang membuat rasanya semakin spesial adalah campuran telur bebek sehingga menambah cita rasa gurih pada bakmi tersebut. Sedangkan dalam penyajian bakmi Jawa ini dengan mencampur bihun dan mie kuning. Menu yang dijual di warung Pak Pele ini seperti bakmi rebus (godhok), bakmi goreng, bakmi nyemek (kuahnya lebih sedikit dari bakmi rebus), nasi goreng dan nasi goreng campur bakmi. Harga untuk semua menu itu juga terhitung relatif murah, dengan 19,000 rupiah Anda bisa mencicipi bakmi yang selalu habis diborong oleh pembeli setiap harinya itu. Warung Bakmi Pak Pele ini terletak di Jl. Pojok Tenggara Alun – Alun Utara, Jogjakarta

  1. Bakmi Jawa Pandawa

bakmi jawa pandawa

Kedai bakmi ini terletak di pinggiran Jalan Bantul, tepatnya daerah Kweni sebelah selatan perempatan Dongkelan. Letaknya yang dipinggiran jalan menjadikannya strategis dan ramai dikunjungi orang. Selain bakmi Jawa menu yang ditawarkan warung ini adalah mie lethek dan nasi goreng.  Seringnya kedai ini ramai sehingga membuat pembeli harus sabar mengantri, apalagi peralatan yang digunakan untuk memasak hanya satu dengan seorang juru masak saja, namun bisa dipastikan lamanya menunggu akan terbayar dengan kelezatan yang disajikan dalam seporsi Bakmi Jawa Pandawa.

  1. Bakmi Jawa Mbah Hadi

bakmi jawa mbah hadi

Bakmi ini dulunya dijalankan oleh Mbah Gumbreg Hadisumarto atau Mbah Hadi, namun setelah beliau meninggal di tahun 2009 usaha bakmi ini diteruskan oleh putra-putranya. Bakmi Mbah Hadi terkenal karena kelezatannya bahkan ketika kami datang berkunjung hampir semua tempat duduk yang berupa lesehan yang terletak di depan kios ini terisi penuh. Keunikan dari bakmi Mbah Hadi ini karena proses memasaknya yang masih menggunakan anglo. Walaupun cara memasak itu membuat pembeli menunggu agak lama namun hal ini dilakukan agar cita rasa bakmi Jawa tetap terjaga. Ada 2 anglo yang dioperasikan dengan 3 juru masak yang bertugas meracik bumbu dan mengipasi anglo tersebut. Bakmi Jawa Mbah Hadi terletak di kawasan Jl. C. Simanjuntak, Terban, Jogjakarta. Rasa yang enak dengan harga yang relatif murah, Rp 12.500 untuk per porsi bakmi.

  1. Bakmi Jawa Kadin

bakmi jawa kadin

Letak kedai bakmi ini di Jl. Bintaran Kulon No 3 dan 6, Jogjakarta. Kedai bakmi ini didirikan oleh Karto Kasidin sejak 1974 dan menjadikannya sebagai legenda tersendiri di dunia kuliner bakmi Jogjakarta. Kedai Bakmi Kadin banyak memiliki pelanggan termasuk mantan Presiden Soeharto yang sering berkunjung ke kedai itu jika sedang berada di Jogja.  Nikmatnya Bakmi Kadin membuat kedai ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Kedainya sendiri cukup luas untuk menampung banyak pembeli meskipun lahan parkirnya sempit. Namun untuk seporsi bakmi lezat dengan harga mulai dari Rp 11.000, tentu parkir sempit bukan halangan untuk mencicipinya

  1. Bakmi Jawa Mbah Mo

mbah mo

Kedai bakmi ini terletak cukup jauh yaitu sekitar 15 km dari Jogjakarta, namun sepanjang pengamatan kami, jarak yang jauh ternyata tetap mampu membuat pelanggan berdatangan apalagi kalau bukan karena kelezatannya yang terkenal. Bakmi Mbah Mo terkenal karena tekstur mie yang kenyal dan kecil ditambah kaldu dari ayam kampung yang membuat pelanggan rela mengantri hingga 1 jam untuk bisa mencicipinya. Selain itu harga bakmi ini sendiri cukup murah yaitu berkisar Rp 10.000-Rp 16.000 per porsinya.

 

Bakmi jawa Fenomenal di Jogja

Share Please..

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *