5 Oleh – oleh Khas Jogja Yang Wajib Kamu Beli

Berlibur di Jogja tidaklah lengkap tanpa membeli sekedar oleh-oleh untuk kerabat atau kawan dekat. Oleh-oleh selalu wajib dibeli sementara Anda berkunjung di suatu tempat apalagi Yogyakarta. Kota Jogja memiliki segudang oleh-oleh khas kota ini. Untuk semakin memperbanyak referensi kamu dalam berburu oleh-oleh di kota Jogja, kami merekomendasikan 5 oleh – oleh khas Jogja yang wajib kamu beli saat wisata di Jogja.

Baca Juga : Bakpia Jogja Unggulan

  • Bakpia    

Bakpia merupakan makanan khas dari kota Yogyakarta ini. Bila di  musim liburan gerai-gerai bakpia ini selalu ramai diserbu pengunjung. Bakpia merupakan makanan khas Jogja yang berasal dari masyarakat cina penduduk kota Jogja. Makanan ini pada dasarnya merupakan tepung yang dibalutkan pada isian tertentu, seperti kacang hijau, keju atau coklat kemudian dipanggang untuk menambah cita rasa yang enak. Bakpia yang berkualitas adalah bakpia yang lapisan tepungnya tipis namun lembut, rasanya enak, isinya banyak dan diameternya besar. Untuk mendapatkan bakppia, banyak sekali gerai-gerai yang tersebar di seluruh kota Jogja yang dapat kamu kunjungi selama berwisata. Beberapa merk bakpia yang telah dikenal dengan citarasanya yang lembut dan lezat meliputi Bakpia pathuk 75, bakpia pathuk 25, bakpia pathuk 145, bakpia kurnia sari, dan bakpia merlino.

bakpia khas jogja

  • Geplak

Geplak merupakan salah satu makanan khas jogja yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga Anda. Geplak terbuat dari parutan kelapa dengan menambahkan pemanis untuk cita rasanya. Selain cita rasanya, geplak ini juga dipercantik dengan berbagai warnanya yang mencolok dan beraneka ragam. Geplak dapat kamu temukan di berbagai macam pusat oleh-oleh di kota Jogja.

Kue-Geplak 

  • Gudeg Kering

Jogja dikenal sebagai kota gudeg. Oleh karena itulah, gudeg dapat menjadi oleh-oleh unik setelah Anda berwisata. Gudeg merupakan makanan dengan bahan utama nangka. Cara memasaknya adalah dengan di rebus. Makanan ini dapat bertahan sampai beberapa hari dengan catatan harus dipanaskan dan ditambah dengan air. Malahan semakin sering kamu menghangatkan gudeg akan semakin lezat cita rasanya. Akan tetapi demi menjaga ketahanannya dari basi selama perjalanan pulang, gudeg yang dapat dijadikan oleh-oleh ini adalah gudeg kering. Gudeg kering dapat kamu jumpai di banyak pusat oleh-oleh khas Jogja.

Gudeg kering khas jogja

  • Kaos Khas Jogja

Selain oleh-oleh makanan, kamu juga dapat memberikan oleh-oleh berupa cindera mata kaos khas kota Jogja. Kekhasan dari kaos Jogja ini terletak dari plesetan-plesetan yang dibuat secara kreatif oleh para pembuatnya. Harga yang ditawarkan juga cukup murah mulai dari Rp 15.000an. Semua kaos khas ini tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kelihatan keren jika dipakai. Untuk mendapatkan kaos khas Jogja ini, kamu dapat membelinya di pusat-pusat perbelanjaan seperti Malioboro, Beringharjo, dan pusat perbelanjaan lainnya.

kaos khas jogja

  • Batik Khas Jogja

Sebagai ikon Jogja, batik juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh wajib selama berwisata di kota ini. Batik sekarang ini sudah terjual dalam banyak model cantik untuk beberapa kebutuhan dan tidak melulu resmi. Jadi tidak usah khawatir akan dipakai untuk apa oleh-oleh tersebut. Batik juga dijual dengan harga yang bervariatif. Mulai dari yang paling murah di pinggiran pasar Malioboro dan Beringharjo sampai dengan yang berharga jutaan jika sudah memiliki merk terkenal seperti yang ada di toko-toko besar.

batik khas jogja

Itu tadi 5 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu beli saat wisata di Jogja.Namun ingat ya, belanja oleh-oleh boleh saja namun tetap harus sesuai dengan yang telah direncanakan agar tetap hemat. Hindari pemborosan dan selamat berbelanja di kota Jogja.

dan sebagai informasi tambahan, untuk anda anda yang berada di wilayah lombok anda bisa sewa mobil lombok dan untuk anda yang berada di bali anda bisa sewa mobil bali, oke sampai disini dulu untuk artikel kali ini, jangan lupa untuk terus mengunjungi website ini. untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar kota jogja.

5 Oleh – oleh Khas Jogja Yang Wajib Kamu Beli Saat Wisata Di Jogja

Share Please..

Comments

comments