5 Makanan Khas Jogja Yang Wajib dicoba

Makanan khas jogja apa yang Anda kenal? Gudeg? Nyaris setiap orang yang berkunjung ke kota ini sudah mencoba masakan tersebut. Jadi, sepertinya tak perlu lagi merekomendasikan gudeg sebagai kuliner yang wajib dicoba. Alih-alih kebingungan mencari tempat makan yang asyik dan lezat di Jogja, kami sudah menyiapkan 5 Makanan Khas Jogja Yang Wajib dicoba. Jangan ditanya lagi apakah pilihan-pilihan tersebut akan cocok bagi lidah Anda. Sebab kami sudah beberapa kali mencobanya berhubung di sinilah tempat kami tinggal. Nah, apa sajakah kuliner yang wajib dicoba itu?

Bale Raos

makanan khas jogja-bale raos

Sebelum menjelajah ke beberapa tempat kuliner yang lain, tempat ini sangat disarankan bagi Anda yang penasaran seperti apa sih masakan-masakan yang dihidangkan bagi keluarga Sultan? Restoran ini memang dikenal sebagai penyedia hidangan-hidangan masakan bagi lingkungan Keraton namun sekarang ini juga bisa diakses oleh publik. Masih terletak di dalam kompleks Keraton, suasananya pun begitu mendukung dan sangat asri. Bagaimana dengan menu-menu masakannya? Silakan pilih antara Semur Piyik, Bebek Suwar Suwir, Krim Sup Jamur, dan masih banyak yang lainnya. Oh ya, jangan lupa untuk mencoba minuman khasnya, yaitu Bir Jawa.

 

 

Bakmi Doring

makanan khas jogja-bakmi-doring

Apa sih Doring itu? Doring merupakan singkatan dari Tendo Miring yang berarti tenda miring. Dahulu, tempat Makanan khas jogja ini cuma dinaungi oleh tenda miring. Namun kalau sekarang sih sudah berbeda jauh dan lebih modern. Namun tetap yang tak berubah adalah cita rasa kelezatan masakan khasnya, yaitu bakmi godog dan goreng. Tapi Anda juga bisa menikmati hidangan lain seperti nasi goreng. Lokasinya terletak di Jalan Suryowijayan dan sangat mudah ditemukan karena ada papan penunjuknya serta pengunjung yang selalu ramai.

 

Sego Pecel Bu Wiryo

makanan khas jogja-sgpc Bu wiryo

Pecel merupakan jenis makanan yang cukup sering kita jumpai di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogjakarta. Namun tempat yang ini jelas menawarkan cita rasa khas unik dan berbeda. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena terletak berdekatan dengan kawasan kampus UGM. Bumbu pedas manisnya itu lho yang pas dan sangat khas di lidah. Jadi, sudah seharusnya Anda mencicipi menu Makanan khas jogja ini.

 

 

 

Oseng Mercon

makanan khas jogja-oseng mercon

Istilah ini pasti terkesan aneh bagi yang belum pernah mendengarnya. Namun makna yang langsung bisa kita pahami adalah ledakan dari rasa dari Makanan khas jogja ini. Ya. Inilah oseng-oseng khas dengan rasa pedas yang super gila-gilaan karena dicampur dari kikil, daging sapi, lemak, dan sekitar dua kilogram cabe rawit yang ditambahkan ke dalamnya. Untuk menikmati Makanan khas jogja ini, Anda kunjungi saja di Jalan Ahmad Dahlan, sekitar ke arah barat dari titik nol Malioboro. Anda bisa menikmati sajian ini sambil duduk nongkrong lesehan di sepanjang jalan.

 

 

Sate Klathak

makanan khas jogja-sate klatak

Kita menempuh perjalanan yang agak lebih jauh ke pinggiran Jalan Imogiri Timur. Dibandingkan dengan sate-sate lainnya, tempat ini menawarkan Makanan khas jogja yang sangat fenomenal, yaitu tusukan dari besi jeruji sepeda. Tujuannya untuk menghantarkan panas lebih cepat ke daging sehingga menjadi lebih lembut dan kenyal. Sate kambing ini juga ternyata diracik dengan bumbu-bumbu yang sangat sederhana. Terdiri dari garam, kecap, dan merica. Namun justru ketiga bumbu itulah yang berhasil membuat lidah berdecak keenakan dan ketagihan untuk terus mencobanya. Apalagi dengan sensasi yang berbeda dengan menggunakan tusuk sate dari besi.

Nah, itulah lima Makanan khas jogja yang wajib Anda coba di Jogjakarta. Jika butuh tempat-tempat yang lain, jangan ragu untuk bertanya kepada kami.

5 Makanan Khas Jogja Yang Wajib dicoba

Share Please..

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *